Tulisan ini menguraikan tentang konsep rekrutmen yang meliputi ; definisi, pentingnya rekrutmen, sumber dan metode rekrutmen. Semoga bermanfaat

Definisi

Penarikan (rekrutmen) pegawai merupakan tindakan yang dilakukan organisasi untuk mendapatkan tambahan pegawai.

Proses tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan yang mencakup identifikasi dan evaluasi sumber-sumber penarikan tenaga kerja, menentukan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi, penempatan, dan orientasi tenaga kerja (Potale, 2016:455).

Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja.

Rekrutmen dilakukan dengan menetapkan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia.

Rekrutmen pada dasarnya merupakan usaha untuk mengisi jabatan atau pekerjaan yang kosong di lingkungan perusahaan.

Terdapat dua sumber sumber tenaga kerja yakni sumber dari luar (eksternal) organisasi atau dari dalam (internal) organisasi.

Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan

Rekrutmen merupakan suatu keputusan perencanaan manajemen sumber daya manusia mengenai jumlah karyawan yang dibutuhkan, kapan diperlukan, serta kriteria apa saja yang diperlukan.

Ike (2008) dalam Hartono (2019:89) menjelaskan, setelah proses kegiatan rekrutmen untuk memperoleh para calon karyawan yang berkualitas selesai maka akan dihasilkan sejumlah pelamar yang disaring melalui proses seleksi.

Proses ini memilih orang yang memenuhi spesifikasi kebutuhan organisasi. Proses ini sangat bervariasi untuk setiap organisasi. Masing  masing menerapkan kebutuhan yang berbeda dalam perlakuan seleksi

Pentingnya Rekrutmen

Rivai (2009:112) menjelaskan bahwa rekrutmen sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan dengan mempunyai kualifikasi sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada.

Rekrutmen merupakan masalah yang penting bagi perusahaan dalam hal pengadaan tenaga kerja.

Jika rekrutmen berhasil dengan baik, dengan kata lain banyak pelamar yang memasukan lamarannya, maka peluang perusahaan untuk mendapatkan pegawai terbaik menjadi mudah dan semakin terbuka lebar. Sebabnya, perusahaan akan mempunyai banyak pilihan yang terbaik dari pelamar yang ada.

Salah satu kegiatan penting dari kegiatan sumber daya manusia adalah proses rekrutmen. Rekrutmen dilakukan untuk kebutuhan tenaga kerja baik yang bersifat jangka pendek, menengah maupun panjang.

Untuk dipekerjakan di perusahaan melalui sistem dan prosedur dari rekrutmen yang ditentukan perusahaan, sehingga karyawan baru tersebut dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan jabatan yang telah dianalisis oleh manajemen sumber daya manusia.

Pelaksanaan sistem rekrutmen terhadap calon karyawan dimaksudkan agar perusahaan dapat memperoleh karyawan yang berkualitas dan mampu merealisasikan tujuan perusahaan (Hartono, 2019:89).

Jika rekrutmen tersebut berhasil maka akan banyak karyawan yang melamar sehingga perusahaan memperoleh banyak kriteria pelamar.

Perusahaan memperoleh peluang untuk mendapatkan karyawan yang diinginkan dan sesuai posisi yang diinginkan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan (Hartono, 2019:92).

Metode Rekrutmen

Kasmir (2016:94) mengemukakan beberapa cara atau metode yang digunakan untuk menerik minat pelamar agar datang melamar, yaitu:

  1. Informasi yang disajikan benar-benar memberikan informasi yang jelas tentang nama perusahaan, bidang usaha, posisi yang ditawarkan, kompensasi yang diberikan, jenjang karier dan fasilitas menarik lainnya yang ditawarkan.
  2. Format lamaran dibuat menarik dan menunjukkan kesan perusahaan bonafit. Kesan ini penting, karena banyak pelamar yang memperhatikan hal ini sebelum mengirim surat lamaran.
  3. Pemilihan media untuk membuat lowongan kerja, sesuai dengan segmentasi media yang bersangkutan. Pemilihan media ini juga akan memberikan kesan bonafitas perusahaan.
  4. Pelamar yang berkualitas biasanya hanya melamar di media yang dianggap bonafit.
  5. Menempelkan brosur di perguruan tinggi dan lembaga pelatihan yang memiliki kualitas dan reputasi tinggi. Hal ini penting karena biasanya perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi akan menghasilkan lulusan yang dapat dipertanggung jawabkan.
  6. Waktu yang diberikan jangan terlalu singkat, sehingga mampu memaksimalkan jumlah pelamar. Misalnya 1 minggu atau 10 hari.
Sumber Rekrutmen

Sumber rekrutmen terbagi 2, antara lain :

Rekrutmen internal

Sumber-sumber internal meliputi karyawan yang ada sekarang yang dapat dicalonkan untuk dipromosikan, dipindahtugaskan atau dirotasi tugasnya, serta mantan karyawan yang bisa dikaryakan dipanggil kembali.

Penawaran terbuka untuk satu jabatan (job posting)

Rekrutmen terbuka ini merupakan sistem mencari pekerja yang berkemampuan tinggi untuk mengisi jabatan yang kosong, dengan memberikan kesempatan pada semua pekerja yang berminat.

Semua pekerja yang berminat untuk mengisi jabatan untuk menyampaikan permohonan untuk mengikuti seleksi intern. Cara ini baik untuk mengisi kekosongan eksekutif tingkat bawah, guna menghindari penempatan yang bersifat subyektif.

2) Perbantuan pekerja

3) Kelompok pekerja sementara

4) Promosi dan pemindahan

b. Rekrutmen Eksternal

Rekrutmen eksternal adalah proses mendapatkan tenaga kerja dari pasar tenaga kerja di luar organisasi atau perusahaan

Hubungan dengan Universitas

Universitas atau perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang bertugas menghasilkan tenaga kerja sesuai dengan lapangan kerja yang terdapat dimasyarakat.

Dengan demikian berarti universitas merupakan sumber tenaga kerja yang dapat dimafaatkan oleh organisasi atau perusahaan, untuk mengisi jabatan dibidang bisnis/produk lini dan jabatan penunjangnya.

Eksekutif mencari Perusahaan

Sering terjadi sebuah perusahaan memerlukan eksekutif senior untuk mengisi jabatan penting, dengan menawarkan upah/gaji yang kompetetif dibandingkan dengan perusahaan sejenis sebagai pesaingnya.

Rekrutmen tersebut jika sulit dipenuhi, sekurang-kurangnya perusahaan dapat mengangkat konsultan ahli, yang dapat diperoleh diberbagai lembaga, khususnya perguruan tinggi.

Rekrutmen ini jika dibandingkan dengan cara lain, ternyata relatif mahal. Dengan pengangkatan konsultan, pembiayaan dapat lebih ditekan karena dapat dibatasi waktunya dalam penetapan perjanjian.

Agen Tenaga Kerja

Rekrutmen eksternal lainnya dapat dilakukan melalui agen tenaga kerja, yang memiliki calon dengan berbagai kualifikasi dan kualitasnya. Untuk itu organisasi / perusahaan hanya menyampaikan karekteristik calon yang diinginkan.

Organisasi / perusahaan membayar agen apabila ternyata calon yang diajukan disetujui dan diangkat sebagai eksekutif.

Rekrutmen dengan Advertising

Rekrutmen eksternal dapat dilakukan dengan cara mengadventasikan tenaga kerja yang diperlukan. Untuk keperluan itu dapat dipergunakan surat kabar lokal, termasuk majalah, radio dan televisi, bahkan melalui surat yang disampaikan secara langsung pada calon.

Daftar Pustaka
  1. Hartono, Poernono Hadi. 2019. Pengaruh Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Telkom indonesia,Tbk Cabang Sidoarjo. Jurnaal : J-MACC : Journal of Management and Accounting. Vol. 2 No. 1 April 2019
  2. Kasmir, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik), edisi satu, cetakan pertama. Jakarta : Rajawali Pers.
  3. Potale, Billy Renaldo, Viktor Lengkong, Silcyljeova Moniharapon. 2016. Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Sulutgo. Jurnal : Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04 Tahun 2016
  4. Rivai, Veithzal, Basri, 2015. Performance Apptaisal : Sistem Yang tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Untuk meningkatkan Daya Saing. Jakarta : Raja Grafindo Persada

 

 


Samsul Arifin

Menyukai riset, statistik dan metodologi penelitian ilmiah Konsultan akademis untuk penelitian ilmiah (pendidikan,ekonomi,kesehatan dll) Aktif di PC Lakpesdam NU Kab. Mojokerto Biro penelitian, advokasi dan pemberdayaan SDM WA : 081939824558