Konsep Komitmen Organisasi

Tulisan sederhana ini coba menggagas tentang konsep komitmen organisasi yang meliputi ; definisi, bentuk komitmen organisasi, faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan pada organisasi, karakteristik yang berhubungan dengan komitmen organisasi dan level demensi komitmen organisasi. Semoga bermanfaat

Definisi

Komitmen organisasi merupakan tingkat dimana seorang karyawan mengidentifikasi diri dan organisasinya dengan cara merefleksikan keyakinan.

Refleksi diri seoerti ; karyawan akan memberikan kesetiaan, serta memiliki keinginan, bersedia bekerja keras, berkorban, dan memperdulikan kelangsungan hidup organisasi.

Konsep komitmen organisasi berkaitan dengan tingkat keterlibatan orang dengan organisasi dimana mereka bekerja dan tertarik untuk tetap tinggal dalam organisasi tersebut.

Robbins, Judge mendefenisikan sebagai suatu keadaan dimana seorang individu memihak organisasi serta tujuan-tujuan dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi.

Tiga komponen komitmen organisasi

komitmen organisasi memiliki tiga komponen berikut.Pertama, menerima nilai-nilai dan tujuan organisasi. Kedua, keinginan untuk berusaha keras bagi organisasi, dan ketiga, memiliki hasrat keinginan kuat untuk tetap berada dalam organisasi (Sapitri, 2016:4).

Komitmen organisasi merupakan tingkat sejauh apa seorang karyawan memihak pada suatu organisasi dan tujuan-tujuan organisasinya, serta berniat mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi tersebut.

Komitmen organisasi memberi titik berat secara khusus pada kontinuan faktor komitmen yang menyarankan keputusan tersebut untuk tetap atau meninggalkan organisasi yang pada akhirnya tergambar dalam statistic ketidakhadiran dan keluar masuk tenaga kerja.

Seseorang yang kurang berkomitmen pada organisasi akan terlihat menarik diri dari organisasi baik melalui ketidakhadiran atau masuk keluar (Fadilah, 2015:3).

Colquitt, Lepine, dan Wesson (2011) dalam (Pane, Fatmawati, 2016:68) menjelaskan bahwa komitmen organisasi adalah sebagai keinginan pada sebagian pekerja untuk tetap menjadi anggota organisasi.

Dengan demikian komitmen organisasi mempengaruhi apakah seorang pekerja tetap tinggal sebagai anggota organisasi (retained) atau meninggal-kan untuk mengejar pekerjaan lain (turnsover).

Ini artinya, komitmen merupakan suatu sikap yang mencerminkan loyalitas pekerja pada organisasi dan merupakan suatu proses yang sedang berjalan melalui mana peserta organisasi menyatakan perhatian mereka terhadap organisasi dan kelanjutan keberhasilan dan kesejahteraannya.

Komitmen organisasi didefinisikan sebagai sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi dan proses berkelanjutan dimana anggota organisasi mengekspresikan perhatian-nya terhadap organisasi dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan.

Bentuk Komitmen Organisasi

Tiga bentuk komitmen organisasi, yaitu:

  1. Komitmen Afektif
    Keterkaitan emosional karyawan, identifikasi dan keterlibatan dalam organisasi. Anggota organisasi dengan komitmen afektif yang tinggi akan terus menjadi anggota dalam organisasi karena memang memiliki keinginannya sendiri.
  2. Komitmen Kelanjutan. Komitmen individu yang didasarkan pada pertimbangan tentang apa yang harus dikorbankan bila meninggalkan organisasi. Dalam hal ini individu memutuskan menetap pada suatu organisasi karena menganggapnya sebagai suatu pemenuh kebutuhan.
  3. Komitmen Normatif. Keyakinan individu tentang tanggung jawab terhadap organisasi. Individu tetap tinggal pada suatu organisasi karena merasa wajib untuk loyal pada organisasi tersebut (Sapitri, 2016:4).
Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Karyawan Pada Organisasi

David dalam (Pane, Fatmawati, 2016:68) faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan pada organisasi, yaitu:

  1. Faktor personal: usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kepribadian.
  2. Karakteristik pekerjaan: lingkup jabatan, tantangan dalam pekerjaan, konflik peran dalam pekerjaan, tingkat kesulitan dalam pekerjaan.
  3. Karakteristik struktur: besar atau kecilnya organisasi, bentuk organisasi, kehadiran serikat pekerja, tingkat pengendalian yang dilakukan organisasi.
  4. Pengalaman kerja: karyawan yang memiliki pengalaman kerja lebih lama dibandingkan dengan pengalaman kerja yang belum lama mempunyai tingkat komitmen yang berbeda
Level Demensi Komitmen Organisasi 

Menurut Meyer dan Allen sebagaimana dikutip Luthans (2011 dalam Pane, Fatmawati, 2016:69) terdapat 3 level demensi komitmen yaitu:

  1. Komitmen Afektif, menyangkut keterikatan emosional pekerjaan pada identifikasi dengan dan pelibatan dalam organisasi.
  2. Komitmen Normatif, menyangkut perasaan pekerja atas kewajiban untuk tetap tinggal dengan organisasi karena itu merupakan perasaan pekerja atas kewajiban untuk dilakukan.
  3. Komitmen Kontinuan, menyangkut komitmen didasarkan pada biaya yang bersangkutan dengan pekerja dengan meninggalkan organisasi. Ini mungkin karena hilangnya senioritas untuk promosi atau tunjangan.
Karakteristik Yang Berhubungan Dengan Komitmen Organisasi 

Fadilah (2015:3) menjelaskan bahwa terdapat tiga karakteristik yang berhubungan dengan komitmen organisasi, antara lain :

  1. Keyakinan dan penerimaan yang kuat terhadap nilai dan tujuan organisasi,
  2. Kemauan untuk sekuat tenaga melakukan yang diperlukan untuk kepentingan organisasi,
  3. Keinginan yang kuat untuk menjaga keanggotaan dalam organisasi.
Daftar pustaka
  1. Fadhilah, Nurul. 2015. Pengaruh Locus Of Control, Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta api indonesia (Persero) DAOP VIII Surabaya. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
  2. Pane, Sri Gustina, Fatmawati. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Jurnal : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB) Vol. 2. No.3. Oktober 2017. ISSN 2339-0506
  3. Sapitri, Ranti. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekanbaru. Jurnal : JOM Fisip Vol. 3 No. 2 Oktober 2016

Samsul Arifin

Menyukai riset, statistik dan metodologi penelitian ilmiah Konsultan akademis untuk penelitian ilmiah (pendidikan,ekonomi,kesehatan dll) Aktif di PC Lakpesdam NU Kab. Mojokerto Biro penelitian, advokasi dan pemberdayaan SDM WA : 081939824558